Steam Deck konsol game portabel untuk game PC, Spesifikasi dan harga

Steam Deck

Steam Deck

Valve, perusahaan di balik platform distribusi game Steam, baru-baru ini merilis konsol bernama Steam Deck. Konsol ini merupakan perangkat portabel (handheld) yang sekilas tampak seperti Nintendo Switch.

Perbedaannya adalah, tidak seperti Joy-Con di Nintendo Switch, pengontrol di Steam Deck tidak dapat dilepas.

Dari segi spesifikasi, Steam Deck sebanding dengan PC gaming kecil, menampilkan layar 7 inci dengan resolusi 1.280 x 800 piksel.

Perangkat ini memiliki konfigurasi perangkat keras yang mirip dengan PlayStation 5 (PS5), termasuk prosesor arsitektur (CPU) “Zen 2”, prosesor grafis (GPU) AMD RDNA 2, dan RAM 16 GB.

Namun, konsol CPU hanya memiliki empat inti (core), bukan delapan.

Konsol genggam ini mendukung tiga jenis media penyimpanan: 64 GB (eMMC), 256 GB (NVMe SSD), dan 512 GB (NVMe SSD) (NVMe SSD berkecepatan tinggi). Kapasitas penyimpanan dapat ditingkatkan sekali lagi menggunakan kartu microSD.

Ilustrasi SteamOS 3.0 di Steam Deck.

Steam Deck ditenagai oleh baterai 40 watt-jam yang diklaim pabrikan akan bertahan hingga 8 jam saat digunakan untuk gaming ringan, streaming, atau browsing. Menjalankan game “berat” seperti Portal 2 mengurangi daya tahan hingga sekitar empat jam.

Steam Deck dikirimkan dengan sistem operasi SteamOS 3.0, yang didasarkan pada Arch Linux. Ini dipasangkan dengan lapisan kompatibilitas Linux yang disebut Proton, yang memungkinkannya menjalankan berbagai macam game Windows dengan lancar.

Konsol ini juga dapat menjalankan game komputer tanpa pengembang harus mem-portingnya secara khusus. Selain itu, pengguna dapat menghubungkan konsol ke TV melalui dok aksesori terpisah atau kabel.

Berikut tabel rangkuman spesifikasi lengkap dan harga konsol game baru Valve, seperti dirangkum KompasTekno dari situs resmi Steam Deck, Sabtu (17/7/2021).

Spesifikasi Steam Deck

Exit mobile version