Gratis upgrade ke Windows 11 dari Windows 10, pertengahan tahun 2022

Ilustrasi tampilan Windows 11

Ilustrasi tampilan Windows 11

Microsoft akhirnya meluncurkan Windows 11, sistem operasi yang akan menggantikan Windows 10. Mulai akhir tahun 2021, sistem operasi baru ini akan dirilis secara bertahap.

Microsoft juga telah mengkonfirmasi bahwa pengguna Windows 10 akan dapat mengunduh sistem operasi terbaru ini secara gratis di masa mendatang.

Namun, tampaknya pengguna Windows 10 harus menunggu sedikit lebih lama untuk menerima pembaruan Windows 11 gratis, setidaknya hingga pertengahan 2022 jika mereka mengandalkan pembaruan otomatis Microsoft.

Alasannya, peningkatan bertahap pengguna Windows 10 saat ini ke Windows 11 akan dimulai pada awal 2022. Sementara itu, rilis awal, yang dijadwalkan akhir tahun ini, tampaknya terbatas pada komputer pribadi (PC) terbaru.

Hal itu terungkap melalui kicauan dari akun Twitter resmi Windows.

“Windows 11 akan dirilis secara bertahap selama beberapa bulan kemudian pada tahun 2021. Upgrade Windows 11 untuk perangkat Windows 10 yang saat ini digunakan akan dimulai pada tahun 2022 dan berjalan hingga paruh pertama tahun ini,” tulis Windows di Twitter.

Karena peluncuran bertahap, beberapa pengguna Windows 10 mungkin harus menunggu hingga tahun berikutnya, atau hingga Juni 2022.

Ini karena pembaruan perangkat lunak otomatis untuk Windows 11 akan didistribusikan terlebih dahulu ke perangkat Windows 10 yang paling kompatibel.

Tujuannya adalah untuk mencegah pembaruan perangkat lunak terbaru diinstal pada perangkat Windows 10 yang tidak kompatibel atau bermasalah.

Windows 11 versi final, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechSpot, Selasa (29/6/2021), melalui file ISO.

Namun, sebelum memulai proses instalasi, pengguna Windows 10 harus memastikan bahwa perangkat mereka memenuhi persyaratan spesifikasi minimum OS Windows 11.

Adapun persyaratan spesifikasi komputer Windows 11 adalah sebagai berikut:

Atau, pengguna dapat dengan mudah menginstal aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC Microsoft untuk menentukan apakah perangkat mereka kompatibel dengan Windows 11.

Tautan berikut berisi petunjuk tentang cara mengunduh dan menggunakan aplikasi.

Untuk tahap awal, Microsoft menawarkan kesempatan kepada pengembang untuk menguji Windows 11 melalui Program Windows Insider.

Anggota Windows Insiders akan dapat menguji Windows 11 beta dalam waktu dekat. Akhir pekan ini, Microsoft dijadwalkan untuk merilis build Windows 11 Insider pertama.

Exit mobile version